Belajar Dasar-dasar Fotografi (Gratis Ebook)

Foto : WallpaperStock

Dalam penciptaan karya fotografi untuk mencapai sebuah karya fotografi yang bagus selain perlu menekankan pada permainan komposisi dan teknis pemoretan seperti pemilihan objek, penggunaan pencahayaan ang tepat, penggunaan format gambar dengan tepat, pengolahan sudut pandang dan pemahaman dasar-dasar fotografi.

Teknik-teknik yang digunakan tentunya melalui berbagai pertimbangan teknis pemotretan yang lebih berorientasi pada kemudahan praktis agar karya yang dihasilkan sesuai dengan konsep.

Dasar-dasar fotografi sebagai landasan dalam mencipta sebuah karya fotografi. Dasar fotografi ini merupakan suatu point penting yang tidak dapat dipisahkan dalam mencipta sebuah karya fotografi. 

Ada empat unsur penting sebagai dasar fotografi, yaitu :
1.Pencahayaan
2.Efek Gerak
3.Fokus & ruang tajam
4.Komposisi

Unsur lainnya yang harus diperhatikan , yaitu : teknik, gaya dan story.


Story dalam fotografi berhubungan dengan ‘pesan apa yang ingin disampaikan’ kepada pemirsa.

Dalam penciptaan karya fotografi ini tentunya mengalami suatu rangkaian dan proses yang panjang oleh karena itu dalam berkarya seni harus melalui pertimbangan dan perencanaan yang matang.
Seorang fotografer harus dapat melihat dan ikut merasakan suasana sekelilingnya, melihat benda-benda tidak hanya dalam kegunaan dan arti sehari-harinya melainkan juga dalam aspek visualnya yang murni dengan kematangan komposisi dan pemahaman mengenai elemen-elemen visual dalam arti lain seorang fotografer dituntut untuk mengerti tentang insting, rasa dan preferensi estetis.

Tentunya dalam aktivitas fotografi untuk menghindari atau memperkecil hambatan harus bekerja cepat dan sadar sepenuhnya atau kehilangan kesempatan. Dalam fotografi harus ‘membekukan’ apa yang dilihat dengan emosi sehingga foto yang dihasilkan tidak semata-mata rekaman pemandangan biasa.

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca dan download free e-book Dasar Fotografi berikut ini:


FotograferPekanbaru : Berminat berbagi foto dan atau artikel di web ini, silahkan DM ke instagram kami