Perbedaan Kamera Digital Pocket, Prosumer, DSLR dan Mirrorless



PERBEDAAN KAMERA POCKET, PROSUMER, DSLR DAN MIRRORLESS

Sebelum membeli kamera sebaiknya ketahui dulu perbedaan kamera-kamera yang beredar di pasaran.  Jenis kamera terdiri dari beberapa macam Kamera Pocket / kamera saku, Kamera Prosumer, Kamera DSLR dan Kamera Mirrorless. Jika dilihat dari bentuknya keempat jenis kamera tersebut sudah sangat berbeda, selain bentuk yang berbeda ternyata ada banyak perbedaan lain dari masing-masing kamera tersebut. Untuk mengetahui perbedaannya silahkan simak sedikit ulasan dari FotograferPekanbaru.com berikut ini :

1.     KAMERA DIGITAL POCKET / KAMERA SAKU
Kamera Pocket biasanya memiliki bodi yang relative kecil sehingga dapat masuk ke saku kita, karena ukurannya tersebut banyak orang menyebutnya dengan kamera saku. Selain bodinya yang kecil ternyata fitur kamera pocket ini juga minim, semua serba otomatis dan sangat mudah digunakan untuk siapa saja.

Untuk ukuran sensor dalam kamera pocket relative kecil jika dibandingkan sensor pada kamera DSLR dan ini yang membuat munculnya noise yang cukup banyak pada saat pengambilan gambar dalam kondisi terlalu terang atau terlalu gelap. Dengan sensor yang kecil untuk menghasilkan foto dengan kualitas tinggi dan detail warna yang tinggi akan mengalami kesulitan.

2.     KAMERA PROSUMER
Kamera prosumer memiliki bodi yang lebih besar jika dibandingkan dengan kamera pocket, sekilas kamera ini terlihat mirip dengan kamera DSLR. Perbedaan yang mencolok dapat terlihat pada lensa, jika kamera DSLR bias dilepas dan gonta-ganti lensa maka kamera prosumer sebaliknya tidak dapat dilepas atau tidak dapat gonta-ganti lensa.

Selain memiliki bodi mirip DSLR, fitur yang ada pada kamera prosumer juga hampir mirip dengan kamera DSLR dengan adanya pengaturan Shutter Speed, Aperture, dan ISO. Untuk sensor kamera prosumer memiliki tingkat medium dan dapat menghasilkan kulitas gambar lebih baik dibandingkan dengan kamera pocket.

3.     KAMERA DSLR
Kamera DSLR rata-rata memiliki bodi yang besar, cukup tepat untuk menopang beberapa lensa yang dapat diganti-ganti ke kamera DSLR. Meskipun ukuran yang relative besar kamera DSLR telah didesain sedemikian rupa hingga memudahkan pengguna dalam memakainya.

Keunggulan kamera DSLR selain sensor yang lebih besar dan gambar yang dihasilkan lebih tajam juga pengaturan manualnya, seluruh settingan kamera DSLR dapat diatur secara manual mulai dari Aperture, Shutter Speed, ISO, White Balance, Picture Style dan Nilai Exposure. Dengan pengaturan sepenuhnya manual pengguna dapat mengambil gambar sesuai dengan keinginan.

Lensa kamera DSLR juga dapat diganti-ganti sesuai kebutuhan pengguna, ini artinya pengguna lebih bebas memilih lensa. Namun lensa kamera DSLR terkadang lebih mahal harganya dibandingkan bodinya sendiri.

4.     KAMERA MIRRORLESS
Kamera mirrorless meiliki bodi yang lebih ringkas dibandingkan DSLR, sangat cocok digunakan untuk street photography dan human interest karena bodi cukup kecil sehingga tidak begitu menarik perhatian orang lain / target foto.

Kamera mirrorless juga dapat diganti-ganti lensanya, namun untuk pilihan lensa hingga saat ini belum dapat mengalahkan lensa-lensa DSLR. Enaknya menggunakan kamera mirrorless, meskipun kita membawa beberapa lensa saat traveling bobotnya tidak begitu berat.

Sistem kamera mirrorless mengandalkan live view dan jendela bidik elektronik yang dapat dilihat pada layar kamera. Dengan system ini kamera mirrorless biasanya lebih banyak memakan daya baterai, jika dibandingkan dengan DSLR daya baterai kamera DSLR lebih baik kapasitasnya.

Demikian sekilas perbedaan kamera yang beredar dipasaran, semoga sedikit ulasan ini dapat menjadi pertimbangan sebelum membeli kamera.

www.fotograferpekanbaru.com
----------------------------------------

Berminat berbagi foto atau artikel di blog ini, silahkan DM ke instagram kami