Fotografer yang Menyampaikan Pesan Lewat Ekspresi Manusia


Steve McCurry adalah fotografer kelahiran 23 April 1950 yang kerap meliput konflik, budaya tradisional, dan human interest. Foto-foto yang diambilnya telah menghiasi banyak sampul majalah. Ia memotret untuk National Geographic dan menjadi bagian dari Magnum Photos sejak tahun 1986.


Pria yang lahir di Philadelphia, Pennsylvania ini mengawali karirnya di bidang fotografi sejak bekerja di surat kabar lokal, The Daily Collegian setelah lulus dari Penn State University. Setelah bertahun-tahun bekerja, ia akhirnya berangkat ke India dan berkeliling untuk mengambil foto.


Setelah berada beberapa lama di sana, ia kemudian berangkat ke Pakistan dan bertemu dengan dua orang Afganistan yang memberitahunya tentang perang di seberang perbatasan Afganistan. McCurry kemudian melintasi perbatasan itu. Itulah awal dari tekad McCurry untuk mengambil foto-foto dampak konflik di sana.


McCurry berfokus terhadap dampak perang terhadap manusia. Baginya, perang tak hanya mempengaruhi sebuah negara secara luas, tetapi juga membawa dampak mendalam pada orang-orang yang mendiami negara tersebut. Ia mencoba untuk menangkap berbagai ekspresi untuk memberitahu dunia tentang perasaan orang-orang tersebut.


Fotonya yang paling terkenal adalah Afghan Girl yang terpampang di sampul National Geographic pada Juni, 1985. Potret tersebut menggambarkan wajah ketakutan seorang anak gadis berumur sekitar 12 tahun akibat dampak perang yang sedang berlangsung. Foto ini membawa suara pada dunia, menjadi simbol peperangan yang menyayat hati.


Dengan keinginan menyampaikan pesan melalui ekspresi manusia, McCurry terus mengambil foto-foto luar biasa yang mampu menggerakkan jiwa. Ia pun telah mendapatkan banyak penghargaan dalam bidang fotografi. Beberapa di antaranya adalah Magazine Photographer of the Year, The Royal Photographic Society’s Centenary Medal, dan World Press Photo contest.


Berikut beberapa foto karya Steve McCurry :