PERBEDAAN FILE GAMBAR JPG/JPEG DAN RAW



PERBEDAAN FILE GAMBAR JPG/JPEG DAN RAW

Sebagai pengguna kamera digital tentu pernah melihat adanya pilihan menu file foto pada kamera berupa JPG/JPEG dan RAW. Mungkin pernah mengalami menggunakan file RAW namun pada saat kita pindahkan ke komputer tidak dapat dibuka filenya pada komputer tersebut.

File JPG dan RAW memiliki perbedaan baik dari kualitas maupun ukuran filenya, berikut perbedaan masing-masing tipe file tersebut :

File Foto JPG/JPEG
JPG atau JPEG (Joint Photographic Expert Group) adalah format foto terkompresi yang merupakan hasil standarisasi bersama para pakar fotografik. Format JPG memiliki ukuran file yang relatife lebih kecil, karena adanya proses kompresi atau penyederhanaan data yang membuat terjadinya penurunan kualitas foto.

Kamera digital biasanya memiliki beberapa pilihan kualitas pada format foto JPG/JPEG (Fine, Medium, Basic) dan pada ukuran megapixel terdapat juga pilihan (Large, Medium, Small). Format foto JPG/JPEG memiliki kelebihan ukuran file yang lebih kecil serta dapat langsung dibuka pada computer dan smartphone. Kekurangan file JPG adalah terjadinya penurunan kualitas pada foto dan pada saat editing mengalami keterbatasan.

File Foto RAW
RAW adalah format gambar mentah dari sebuah kamera. Seluruh data yang ditangkap sensor akan disimpan ke dalam file RAW ini. Beberapa produsen kamera memiliki penamaan ekstensi file yang berbeda (Contoh : Canon menamainya file CRW, Nikon menamainya file NEF, Olympus menamai file ORF, dll.)

Format gambar RAW memiliki ukuran yang lebih besar dari JPG/JPEG dan menyimpan lebih banyak detail gambar. Tidak semua computer dapat membuka file RAW secara langsung, dibutuhkan program khusus untuk dapat membuka file tersebut. Beberapa program/software yang dapat digunakan untuk membuka file RAW antara lain Adobe Photoshop, Adobe Lightroom, Apple Aperture, Capture One, dll.

Format file RAW memiliki kelebihan kualitas foto yang maksimal dan memiliki kekurangan pada ukuran file yang lebih besar serta pada beberapa computer perlu software khusus untuk membuka file RAW.

www.fotograferpekanbaru.com
=====================
Berminat berbagi foto atau artikel di blog ini silahkan DM ke instagram kami