Tips Memotret Ray Of Light (ROL)


Tips Memotret Ray Of Light (ROL)

Karena banyaknya pertanyaan dan permintaan untuk membuat tutorial tentang bagaimana mendapatkan foto Ray Of Light, maka saya akan mencoba membuat tutorial tersebut.
Ray of light photography umumnya menangkap sinar matahari pagi yang menerobos sela-sela pepohonan. Moment ini, tidak setiap hari ada. Ini adalah faktor alam yang tercipta tergantung cuaca dan kondisi suatu daerah.

Moment yang tepat untuk mendapatkan ROL, banyak didapati di kaki gunung yang masih banyak terdapat kabut tipis saat pagi hari. Atau, kalau saya di Depok, saya sering mendapatkan ROL itu saat musim penghujan. Kondisinya biasanya saat malam hari hujan deras, dan pagi hari masih ada kabut sedikit, namun matahari bersinar terang, seringkali didapatkan ROL itu. Saya sering mendapatkan ROL itu waktunya sekitar jam 6:30 sampai jam 8 pagi.

Nah, setelah mendapatkan ROL, bagaimana cara menangkapnya melalui kamera kita?
Saya bisa mendapatkan gambar ROL hanya dengan sebuah kamera HP China. Saya hanya mengaktifkan HDR ON, atur komposisi, posisi kita melawan matahari/ROL itu, tapi sebaiknya mataharinya disembunyikan dari layar kamera kita atau jangan masuk ke frame.

Kalau memakai DSLR settingnya bagaimana? Cara termudah, aktifkan saja tombol P dan ISO di angka 200, maka gambar dengan exposure yang tepat insya allah didapat. Atau, pakai mode A di set mulai f5,6 ISO 200, maka exposure yang pas insya allah akan didapat.
Cara di atas adalah cara alami mendapatkan foto ROL. Ada lagi cara yang tidak alami, yaitu menggunakan asap, baik asap dari pembakaran, maupun asap dari mesin yang bernama smoke machine yang bisa diperoleh di Ace Hardware atau toko online.

Fungsi asap tersebut sama dengan kabut tipis yang secara alami susah didapat, bisa digantikan dengan asap. Maka biasanya ROL akan mencul di sela-sela dedaunan yang diselimuti asap. Dengan catatan, cahaya matahari mesti bersinar terang.

Selamat mencoba.

Penulis : Tamlikho
www.instagram.com/tamlikho