Pose-Pose Foto Group

Jika sebelumnya saya menshare mengenai Pose-pose untuk memotret pasangan, pose-pose untuk memotret pria, dan pose-pose untuk memotret wanita. Dan kali ini saya coba share Beberapa pose untuk sekelompok orang atau kita sering menyebutnya foto grup.

Biasanya ada tiga jenis pemotretan grup. Pertama adalah pemotretan formal dengan sejumlah besar orang. Kedua adalah memotret lebih ke informal dengan sekelompok teman. Dan terakhir, memotret sebuah kelompok atau anggota keluarga. Dalam urutan ini, mari sama-sama kita lihat beberapa contoh pose mudah-mudahan saja ini bisa menjadi ide.

1. Ketika Sobat bekerja dengan sekelompok besar orang yang sepertinya akan sulit dikendalikan untuk menggayakan pada masing-masing individu. Pose Ini akan terlihat baik selama Sobat memperhatikan komposisi keseluruhan. Bayangkan seluruh kelompok untuk menjadi satu objek. Pada prinsipnya, pastikan bahwa semua orang dalam kelompok tersebut terlihat terutama pada bagian wajah.



2. Ketika memotret kelompok yang besar, cukup mengkomposisikan untuk mendapatkan semua orang ke dalam bingkai dengan full-body. Pemotretan semacam ini biasanya untuk formal atau dokumentasi, tujuan utama Sobat di sini adalah mendapatkan semua orang dalam kelompok dapat terlihat secara jelas.



3. Jika memungkinkan,  cobalah memotret dari sudut yang lebih tinggi. Gunakan balkon atau meja untuk mendapatkan sudut pandang yang lebih tinggi. Hasilnya pasti akan sepadan dengan usaha Sobat :D, karena pose foto-grup ini jarang sekali dilakukan. Sobat akan mendapatkan perspektif yang lebih menarik dan mengundang.



4. Ada saat-saat dimana Sobat dapat menggunakan pose dimana sekelompok orang berdiri agak berjauhan. Pose dibawah ini dapat digunakan untuk grup yang lebih kecil seperti boy  band atau rekan kerja. Jika grup ini memiliki seorang pemimpin yang dikenal, Sobat dapat menempatkannya didepan untuk mendapatkan komposisi yang kuat.



5. Pose yang satu ini mungkin sudah sering Sobat lihat. Ya, mudah, biasa dan umum namun tetap indah dilihat, jadi – kenapa tidak?



6. Yang ini adalah komposisi yang cukup menyenangkan untuk pose persahabatan. Mintalah setiap orang untuk berdiri sangat dekat bersama-sama. Kemudian suruh kepala mereka untuk saling bersandar sedikit lebih dekat satu sama lain dan lihat ke arah kamera.



7. Mintalah grup untuk membentuk sebuah lingkaran sambil berbaring di rumput atau di atas lantai, lalu potretlah dari atas.



8. Cara yang sangat menyenangkan untuk memotret grup kecil. Pilih “pemimpin grup” dan tempatkan dia di depan. Grup lainnya berdiri dibelakang orang sebelumnya dan mengintip dari bahu atau yang lainnya ke arah kamera. Komposisikan agar sedikit kedepan untuk mendapatkan pose yang baik.



9. Sebuah variasi kecil dari pose sebelumnya. Tempatkan “pemimpin grup” di depan dan yang lainnya untuk muncul di belakang satu sama lain. Cobalah potret dengan aperture yang berbeda-beda. Sobat dapat memvariasikan agar fokus pada per orang atau fokus secara keseluruhan.



10. Cara yang sangat menyenangkan untuk mendapatkan gambar informal sekelompok teman. Untuk hasil terbaik, minta grup untuk membuat sebuah lompatan pendek.



11. Komposisi yang sangat menarik untuk memotret sekelompok orang secara berturut-turut. Periksa terlebih dahulu agar wajah semua orang dapat terlihat dengan jelas, lalu tembak dari jarak dekat dengan aperture yang lebar dan fokus pada orang pertama. Ya, orang-orang yang lebih jauh akan terlihat kabur/blur, tapi mereka akan setuju jika hasilnya adalah sangat menarik dan tidak biasa untuk pemotretan grup.



12. Sekarang, mari kita lihat beberapa contoh foto keluarga. Cara yang paling umum untuk memotret anggota keluarga adalah dengan duduk di sofa di ruang tamu. Ini bukan cara yang kreatif untuk memotret keluarga, tapi tentu saja cara ini boleh digunakan. Cara termudah untuk memperbaiki komposisi standar ini hanya dengan cara komposisi ketat. Saat pemotretan Jangan menyertakan sofa dan furniture ruangan yang indah. Isi frame hanya dengan anggota keluarga.



13. Gagasan lain yang baik untuk foto keluarga adalah dengan memotretnya diluar ruangan sambil duduk-duduk di rumput, di taman atau di pantai – semua tempat ini sangat baik untuk mengambil beberapa gambar keluarga. Hanya ingat – ketika subjek sedang duduk, Sobat jangan memotretnya dengan berdiri – potretlah dengan angel rendah atau sejajar dengan mata subjek.



14. Masih foto keluarga diluar ruangan. Buatlah keluarga berbaring berdekatan di tanah. Buat mereka mengangkat tubuh bagian atas mereka sedikit dengan menggunakan tangan mereka sebagai tumpuan. Potret dari sudut yang rendah.



15. Sebuah komposisi yang indah untuk memotret keluarga. Pose ini dapat dilakukan di luar ruangan atau di dalam ruangan seperti di tempat tidur. Akan lebih baik lagi jika dalam keluarga tersebut ada anak-anak.



16. Pose dengan keluarga yang duduk nyaman di sofa.



17. Untuk foto keluarga yang tidak biasa dan menarik, ubah pengaturan sofa. Cukup memotret dari sisi belakang.



18. Hanya sedikit variasi dari pose sebelumnya yaiitu memotret dari sisi belakang sofa.



19. Benar-benar cara yang indah untuk membuat gambar dari sekelompok anggota keluarga. Hanya meminta anak-anak untuk menggantung ke punggung orang dewasa ‘.



20. Pose yang sangat mudah untuk pemotretan full-body. Seperti yang dapat Sobat bayangkan, bekerja dengan baik dengan sejumlah orang.



21. Memotret saat sebuah keluarga berjalan sambil berpegangan tangan. Tembak secara kontinyu dan pilih foto dengan gerakan kaki terbaik dan positioning. Ingatlah untuk mengontrol fokus, sementara subyek mendekat dari kejauhan.



Dan akhirnya, carilah secara kreatif pose foto-grup yang lainnya. Pikirkan cara-cara Sobat untuk dapat mengubah pose sesuai skenario pemotretan dan subjek tertentu. Pergunakan sampel awal pose sebagai sumber kreativitas Sobat sendiri!

Selamat Berkarya
Salam Jepret :D

Sumber Gambar : http://digital-photography-school.com