Tips Hunting Foto

Fotografer Pekanbaru : Vicky Cipta

Mau tips hunting foto? Yuk mari kita diskusikan sama-sama apa yang harus dilakukan sebelum dan sesudah hunting Foto. Tulisan ini dibuat berdasar pengalaman pribadi, hasil search di internet dan karena ada yang nanya bagaimana tips hunting foto bagi pemula.

Hunting foto seperti juga kegiatan yang lain, sebaiknya memang direncanakan dengan baik. Dengan perencanaan yang baik, minimal tidak ada peristiwa ketinggalan tripod atau yang paling parah ketinggakan charger batere dan batere camera sudah megap-megap.

Hunting foto
Hunting foto

1. Konsep hunting.
Jadi jelas, bahwa persiapan hunting harus didahului dengan konsep pemotretan yang akan kita jalani. Salah konsep akan membuat peralatan yang dibawa tidak sesuai dengan tema yang diambil. Jangan sampai kita membawa banyak perlengkapan pendukung pemotretan tapi tidak satupun yang kita pergunakan. Capek deh !:-)
Konsep yang terbaik adalah yang berbeda dengan konsep orang lain, tapi bagi pemula ini adalah bagian yang paling sulit. Mas Rambey malah menyarankan kita ikuti saja konsep orang lain dalam melakukan pemotretan, sampai akhirnya kita punya gaya sendiri yang berbeda dengan gaya orang lain. Untuk menciptakan konsep terbaik, jam terbang akan sangat menolong.

2. Cek peralatan pendukung
Setelah punya konsep hunting, maka kita bisa menentukan peralatan apa yang dibawa. Pastikan semua peralatan sudah masuk ke tas camera dalam kondsi siap pakai.
Tas camera terbaik memang mahal harganya, tetapi sebenarnya yang paling penting bukan merk terbaik tetapi kekuatan tas terbaik. Tas lokal juga ada yang bagus kualitasnya.

3. Camera yang dipakai
Setelah peralatan bantu siap diangkut, maka yang paling penting dibawa adalah cameranya sendiri. Berbeda konsep akan membuat kita membawa camera yang berbeda. Apakah konsep kita pemotretan yang berada di ruang sempit atau di ruang terbuka akan membuat camera yang berbeda yang harus dibawa. Di ruang terbuka, kalau penuh orang dengan sepi tanpa orang juga akan membuat beda camera yang dibawa.

4. Lensa
Jenis lensa juga harus disesuaikan dengan konsep pemotretan. Ada tips menarik cara menggunakan lensa camera disini. Silahkan dipelajari. Kalau masih belum puas, bisa disearch juga di mbah Google. Intinya lensa prime akan menghasilkan gambar yang lebih jernih dan tajam tetapi mempunyai keterbatasan dalam jarak pemotretan.

Lensa zoom sapu jagad 18-200mm sangat cocok dipakai, kelemahannya gambar tidak sebagus lensa prime (fix) dan beratnya lumayan di pegangan. Bila banyak obyek yang harus diambil dengan lensa makro, maka pastikan lensa makro tidak ketinggalan.
Lensa 28-300
Lensa 28-300

5. Rute perjalanan
Pilih rute perjalanan yang paling mudah dicapai, hemat biaya dan bila memungkinkan ada teman yang bisa diajak berbagi biaya. Kelemahannya harus saling menghargai privasi masing-masing. Jangan berhenti terlalu lama di suatu obyek kesenangan kita tanpa memperhatikan teman kita yang sudah ingin pindah lokasi.

6. Survey dulu
Bila memungkinkan lakukan survey sebelum menuju lokasi hunting. Bisa melalui google map, atau bisa langsung ke lokasi kalau memang memungkinkan. Siapkan jas hujan bila lokasi yang akan didatangi ternyata sering turun hujan. pastikan juga segala peralatan poto sudah siap untuk dibungkus bila tiba-tiba hujan turun.

7. …… (ada yang mau nambahin?)

Salam Jeprettt.....

Sumber : http://ekoshp.com